Desa se-Sergai Terima RTM dan Dana PADes

  • Whatsapp

KAMERABERITA.COM -Penyerahan dana RTM dan Dana PADes dengan pola secara bersama se-Sergai merupakan hal yang pertama kali dilakukan, sebelumnya penyerahan PADes dan RTM hanya dilakukan di masing-masing kecamatan.

Ucap Lukmanur selaku ketua panitia Penyerahan Dana PAD Kegiatan BUMDes Bersama dan Penyerahan Dana Rumah Tangga Miskin (RTM) Kegiatan Eks-PNPM-MP Kecamatan se-Sergai Rabu (29/1).

Kegiatan ini bertujuan agar Pemkab Sergai dapat secara rutin melakukan pemantauan perkembangan dari kondisi keuangan pemerintah yang telah disalurkan kepada masyarakat baik melalui BKAD (dana eks PNPM) maupun Direktur BUMDes Bersama untuk selanjutnya dapat melakukan koreksi dan langkah-langkah yang diperlukan serta menjadikan motivasi bagi Kades. Papar Lukmanur.

Dalam kesempatan itu Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan kabupaten Sergai mayoritas wilayahnya terdiri dari kawasan pedesaan. Peranan desa sebagai benteng terakhir menghadapi kompetisi masyarakat ekonomi Asean melalui program PMD dengan fokus utama adalah fasilitasi pengembangan BUMDes Bersama.

Sedangkan penyertaan modal dana maupun penyertaan aset yang telah digelontorkan pemerintahan desa di Kabupaten Sergai untuk pengembangan BUMDes Bersama mencapai RP. 6.500.016.999 dengan 10 BUMDes dan PAD dari BUMDes Bersama sebesar Rp. 394.581.653 sampai akhir tahun 2019.

Begitu juga dikatakan Wabup Sergai H Darma Wijaya sebuah desa yang sudah memiliki modal jika dimanfaatkan dengan baik serta didukung dengan SDM yang memadai, sudah dapat dipastikan desa tersebut akan mengalami kemajuan diberbagai bidang yang sangat pesat.

Berharap kepada para Kades serta undangan lainnya dapat mengembangkan BUMDes yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sergai.(Zein)

example banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *