Pangdam I/BB Lepas Ribuan Peserta Bukit Barisan Run 5K & 10K

  • Whatsapp

KBC – MEDAN -Ribuan warga dengan gembira dan penuh antusias mengikuti Bukit Barisan Run 5 K & 10 K di Jalan Pegadilan Medan, persisnya depan Kodim 0201/BS, Minggu (22/12). Lari maraton ini digelar dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD 2019 dengan mengusung tema, “TNI AD adalah Kita”.

Sebanyak 30 pelari berlabel nasional ikut memeriahkan perlombaan lari yang merupakan gawean Kodam I/BB tersebut. Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi ikut mendampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah melepas Bukti Barisan Run 5K dan 10 K bersama Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, beserta sejumlah unsur Forkopimda Sumut lainnya.

Perlombaan dengan total hadiah ratusan juta rupiah ini terbuka untuk peserta dari kalangan umum, mahasiswa, pelajar, TNI dan Polri. Antusiasme masyarakat mengikuti perlombaan lari jarak jauh ini cukup tinggi, sekitar pukul 05.30 WIB, warga telah berdatangan untuk mengikuti Bukit Barisan Run 5K dan 10K. Sambil melakukan warming up (pemanasan), mereka pun menunggu perlombaan dimulai. Tepat sekitar pukul 07.00 WIB, Pangdam I/BB pun melepas seluruh peserta.

Yang pertama dilepas adalah peserta 10K, selang 15 menit kemudian disusul peserta 5K. Para peserta selanjutnya berlari mengikuti rute yang telah ditetapkan panitia. Seluruh rute medapat penjagaan petugas TNI dan Polri, sehingga para pelari dapat fokus dan konsentrasi berlari hingga garis finish.

Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah mengatakan, Bukit Barisan Run 5K dan 10K digelar, selain memperigati Hari Juang TNI AD yang jatuh 15 Desember, juga memperingati Hari Infantri (19 Desember) serta Hari Ibu (22 Desember). Pangdam menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga Bukit Barisan Run 5K dan 10K dapat berjalan dengan lancar.

“Terima kasih kepada Polda Sumut yang telah membantu pengamanan lalu lintas, begitu juga dengan KONI Sumut, PASI Sumut, Pemprov Sumut serta pihak lainnya yang terlibat mendukung Bukit Barisan 5K & 10 K. Kita harapkan kegiatan ini tidak hanya sekedar senang-senang, tetapi juga dapat menghasilkan prestasi,” kata Pangdam I/BB.

Atas dasar itulah, jelas Pangdam I/BB, panitia sengaja mengundang sejumlah pelari nasional untuk mengikuti Bukit Barisan Run 5K & 10 K. Dari undangan yang disampaikan tersebut, tercatat 30 pelari nasional ikut serta, termasuk yang mengikuti SEA GAMES 2019, diantaranya Agus Prayogo dan pelari kebanggan Sumut Pratu Wilman dari Batalion 121.

“Total warga yang mengikuti Bukit Barisan Run 5K & 10 K sekitar 5.000 orang. Kita mengharapkan event ini merupakan bagian untuk menyehatkan masyarakat dan mengolahragakan masyarakat di Kota Medan serta Sumut,” harapnya.

Usai mendampingi Pangdam I/BB melepas peserta Bukit Barisan 5K & 10K, Plt WaliKota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengucapkan terima kasih atas digelarnya perlombaan lari tersebut. Selain mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk gemar berolahraga, terutama lari, dia pun berharap agar event ini dapat melahirkan pelari-pelari berbakat dan berprestasi dari Sumut, terkhusus Kota Medan sehingga lahir kembali Gurnam Sigh, pelari kenamaan Kota Medan yang pernah didaulat sebagai manusia tercepat Asia untuk lari kategori 5.000 meter dan 10.000 meter.

“Atas nama Pemko Medan, kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Bukit Barisan 5K & 10K ini. Selain mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga, tentunya kegiatan ini juga sangat baik untuk mendukung kesehatan. Di samping itu tentunya kita mengharapkan kegiatan ini dapat melahirkan pelari-pelari marathon andal yang nanti dapat mengharumkan nama Sumut, terutama Kota Medan di tingkat nasional maupun internasional,” harap Akhyar. (H)

example banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *