Ribuan Peserta Antusias Ikut Pawai Obor

  • Whatsapp

KBC -MEDAN – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tahun 2019 di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro, Medan, Jumat (16/8) malam.
Pawai obor ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya pada malam hari jelang HUT RI. Selain itu, pawai obor ini juga merupakan simbol semangat pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.
Pelepasan pawai obor dimulai pukul 20.00 WIB. Meski gerimis, ribuan peserta yang terdiri dari para pelajar, anggota TNI dan Polri Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di lingkungan Pemko Medan dan Provinsi Sumut tetap semangat dan penuh antusias mengikuti pawai obor tersebut.
Sebelum pawai digelar, para peserta terlebih dahulu mengikuti upacara Taptu didepan kantor Gubenur Sumut. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto. Selanjutnya, upacara Taptu diawali dengan penyalaan obor secara simbolis kepada salah satu peserta pawai oleh inspektur upacara
sebagai tanda dimulainya pawai sekaligus melepas rombongan Taptu.
Usai inspektur upacara menyalakan obor secara simbolis, kemudian para peserta juga menyalakan obot mereka masing-masing. Selanjutnya peserta pawai dilepas oleh Kapolda Sumut, Gubernur Sumur Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah beserta unsur Forkopimda Sumut.
Dengan berjalan beriringan, seluruh peserta Taptu mengikuti rute yang telah ditetapkan dengan penuh semangat serta diikuti dengan parade drum band. Rute pawai akan berakhir di depan TMP Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan. Selanjutnya, peserta Taptu akan mengikuti Apel Tanda Penghormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan tepat pukul 00.00 WIB.
Usai acara Taptu, Musaddad mengatakan, Wali Kota mengajak masyarakat untuk selalu mengingat jasa para pahlawan pejuang bangsa karena telah mengorbankan jiwa dan raganya sehingga seluruh bangsa Indonesia dapat menghirup udara kemerdekaan seperti saat ini.
“Untuk itu mari kita isi hasil kemerdekaan ini dengan pembangunan sesuai dengan bidangnya masing-masing, sehingga memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Kota Medan serta kesejahteraan seluruh masyarakat,” kata Musaddad.(KR)

example banner

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *