Picu Konflik Sosial di Masyarakat, Jaksa Agung : Berantas para Mafia Tanah

  • Whatsapp

KBC -Medan – Menindaklanjuti segala keluhan masyarakat, Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung), memerintahkan kepada seluruh jajaran Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) se-Indonesia, untuk memberantas para mafia tanah, Senin (16/11/2021).

Hal ini diungkapkan langsung oleh Jaksa Agung Republik Indonesia (JA) Burhanuddin, ketika melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) Jalan Jenderal Besar AH Nasution, pada Jumat 12 November 2021 kemarin.

Bacaan Lainnya

Jaksa Agung mempertegas perintahnya kepada jajaran Kajati, Kajari dan Kacabjari se-Indonesia, soal penanganan sengketa tanah, yang berpotensi menjadi polemik dikemudian hari, dengan membentuk tim gabungan di satuan masing-masing.

“Kolaborasi antara bidang Intelijen, bidang Pidum, Datun dan Pidsus, diharapkan bisa bekerja secara efektif menangani dan memberantas mafia tanah sampai ke akar-akarnya,” ujar Burhanuddin.

Terkait sengketa tanah yang telah terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini, Jaksa Agung, meminta kepada seluruh jajaran di bawahnya, untuk melakukan penelaahan serta pendalaman secara cermat dan teliti. Hal ini dikarenakan potensi konflik yang cukup riskan.

“Cermati betul setiap sengketa-sengketa tanah di wilayah hukum saudara. Pastikan sengketa tersebut murni sengketa tanah antar warga, bukan dilatarbelakangi atau digerakkan para mafia tanah yang bekerja sama dengan pejabat tertentu,” kata mantan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) itu.(RED)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *